-->

Dampak dari Otot yang Dilatih Terus Menerus

Setiap orang yang berolahraga pasti memiliki tujuan untuk menjaga kesehatan tubuh. Bahkan, saat ini tidak jarang seseorang yang memutuskan berolahraga dengan tujuan untuk membentuk badan agar terlihat lebih kekar, berisi dan memiliki postur yang tegap. Hal ini biasanya dilakukan di tempat fitness. 

Karena banyak orang yang ingin membentuk otot inilah, akhirnya banyak pula orang yang mulai rajin latihan, bahkan berlatih angkat beban setiap hari. Banyak orang beranggapan bahwa melatih otot setiap hari secara terus menerus, akan dapat mengembangkan masa otot dengan lebih baik. 

Benarkah dengan melatih otot secara terus menerus, otot anda akan semakin cepat bertumbuh, mengingat ada prinsip dalam fitness: Semakin rajin otot dilatih, maka hasil yang anda peroleh akan semakin maksimal. 

Perlu anda ketahui, otot yang rajin dilatih bukan berarti mengandung makna otot dilatih setiap hari. Otot yang rajin dilatih adalah otot yang rutin dilatih. Tetapi anda tetaplah membutuhkan istirahat dalam program latihan fisik anda. 

Dampak dari Otot yang Dilatih Terus Menerus


Otot yang rajin dilatih berarti anda rutin melatih otot anda selama beberapa kali dalam seminggu. Jadi, kalau misalkan dalam satu minggu anda latihan otot sebanyak 3-4 hari, kemudian minggu depan anda tidak latihan sama sekali, maka dapat dikatakan bahwa anda tidak berlatih secara rutin. 

Tapi kalau anda melatih otot secara terus menerus, maka dampak dari otot yang dilatih secara berlebihan akan mengalami hal-hal sebagai berikut pada tubuh anda: 

1. Merasa capek / sangat mudah capek 



Pernahkah anda selalu mengalami capek berlebihan ketika berlatih. Nah, kalau anda merasa pernah mengalami capek berlebihan saat berlatih. Baru memulai latihan fitness namun anda sudah merasa capek duluan, maka itu adalah tanda bahwa anda melatih otot anda secara berlebihan tanpa memberikan waktu yang cukup bagi otot anda untuk istirahat. 

Dampak dari Otot yang Dilatih Terus Menerus

Cara kerja otot anda prinsipnya sama dengan tubuh anda. Tubuh anda membutuhkan tidur dan istirahat. Setelah itu, tubuh anda akan kembali segar dan siap melakukan aktivitas. Kalau anda tidak beristirahat sama sekali, maka tubuh anda akan merasa lelah. 

Otot pun juga demikian. Jika anda tidak memberikan waktu istirahat yang cukup untuk otot anda, maka anda akan merasa capek ketika anda akan melakukan latihan. 

2. Sering mengantuk



Pernahkah anda merasa sering mengantuk ketika melatih otot anda secara terus menerus? Bisa jadi hal ini terjadi karena overtraining (melakukan latihan secara berlebihan). Karena anda melakukan latihan terus menerus tanpa istirahat yang cukup, tubuh anda menjadi lelah dan akhirnya cepat mengantuk.

3. Masa otot tidak bisa berkembang 



Anggapan yang selama ini mengatakan bahwa otot yang dilatih setiap hari dapat membentuk otot dengan lebih cepat selama ini ternyata salah. Otot yang dilatih secara terus menerus justru akan mengalami penyusutan masa otot. Mengapa demikian?

Saat otot anda capek dan anda memaksakan latihan, maka otot anda akan mengalami yang namanya trauma otot. Trauma otot adalah kondisi di mana masa otot anda sulit berkembang karena seseorang memaksakan untuk berlatih tanpa istirahat. Otot justru akan berkembang saat anda mengistirahatkan otot anda. 

Nah, jadi ketiga alasan itulah adalah dampak dari otot yang dilatih secara terus menerus tanpa adanya istirahat untuk otot anda. Mulai sekarang lakukanlah program latihan yang benar dan jangan overtraining dalam latihan.

0 Response to "Dampak dari Otot yang Dilatih Terus Menerus"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel