-->

5 Penyebab Utama Otot Tangan Susah Besar

Pernahkah anda para gym mania sudah berlatih fitness dengan giat dan tekun, sudah mengatur pola makan dengan baik tetapi anda merasa otot tangan anda sangat susah untuk besar? Susah membesarkan otot tangan sebenarnya merupakan salah satu masalah yang sering dialami oleh kebanyakan orang. 

Sebenarnya ada 5 penyebab utama mengapa otot tangan anda susah besar. Memang faktor pola makan yang benar menjadi penentu sukses tidaknya anda membentuk otot. Namun, selain faktor pola makan ada 5 faktor lainnya. Berikut kelima faktor yang merupakan pentebab otot tangan anda susah besar: 

1. Melatih otot tangan setiap hari 

Otot tangan memang merupakan otot yang paling sering ditonjolkan. Maka otot tangan adalah otot yang sering sekali dilatih. Akan tetapi otot tangan tidak boleh dilatih setiap hari. Anda harus melatih otot tangan dengan jeda 24-48 jam. Misalnya hari senin anda latihan bicep, maka lakukan latihan bicep lagi pada hari rabu atau kamis. 

Melatih otot tangan setiap hari menyebabkan otot tangan anda menjadi overtraining dan mudah lelah. Saat otot anda lelah, otot anda harusnya beristirahat. Namun jika anda memaksakan otot tangan berlatih saat anda lelah, otot anda tidak akan berkembang, namun justru akan terlihat kecil. 

Perlu anda ketahui, otot akan terbentuk ketika anda sedang istirahat dari latihan yang anda jalani, bukan pada saat anda sedang latihan. Saat anda istirahat, proses pemulihan otot akan terjadi, sehingga membuat otot tangan menjadi menjadi lebih cepat besar.  

2. Hanya fokus pada latihan otot bicep 

Selama ini banyak orang mengenal otot tangan identik dengan otot bicep, sehingga akhirnya banyak orang yang hanya fokus melatih otot bicep saja. Padahal, otot tangan terdiri dari tiga bagian, yaitu otot bicep, otot tricep dan otot bahu. Ketiga otot ini harus anda latih secara simultan. Kalau anda hanya melatih otot bicep saja, maka otot lengan anda secara keseluruhan akan terlihat kecil, karena anda tidak melatih otot anda secara seimbang. 

3. Beban yang anda gunakan kurang berat 

Kesalahan dalam fitness lainnya adalah menganggap bahwa repetisi yang banyak akan menghasilkan otot yang maksimal. Anggapan ini salah. Kalau anda mampu mengangkat beban dengan 25 repetisi lebih, artinya beban tersebut terlalu ringan untuk anda. Beban yang terlalu ringan membuat masa otot anda sulit berkembang. 

Idealnya, anda harus mengangkat beban yang bisa anda angkat sebanyak 12-15 repetisi. Hal ini menunjukkan kalau beban tersebut tidak terlalu ringan dan tidak terlalu berat untuk anda. Beban ideal akan membuat masa otot anda bertambah besar ketimbang menggunakan beban yang terlalu ringan dengan repetisi yang terlalu banyak. 

4. Atau sebaliknya, beban yang anda gunakan terlalu berat

Otot anda susah besar? Ternyata hal ini bisa disebabkan karena anda mengangkat beban yang terlalu berat. Beban yang terlalu beart membuat gerakan yang anda lakukan tidak sempurna / tidak benar. Jika gerakan anda tidak benar, maka masa otot anda tidak akan bertambah besar. 

Sebagai contoh, ketika anda melakukan bicep curl namun bahu dan leher anda ikut naik ketika mengangkat beban, maka yang terjadi otot bicep anda bukan menjadi fokus, namun otot leher (trapezius) anda-lah yang lebih banyak kontraksi. 

5. Anda terlalu lama istirahat 

Penyebab otot tangan susah besar bukan hanya karena anda berlatih setiap hari, tetapi sebaliknya, bisa terjadi karena anda terlalu lama istirahat. Otot lengan anda harus anda latih secara rutin dengan jeda minimal 24-48 jam. Jika anda melatih otot bahu hari senin, dan kemudian anda baru latihan lagi hari jumat, maka otot anda akan susah untuk berkembang. 

0 Response to "5 Penyebab Utama Otot Tangan Susah Besar "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel