-->

Latihan Otot Bahu Belakang: Dumbbell Shoulder Press

Otot bahu (deltoid muscle) merupakan salah satu jenis otot lengan yang perlu anda latih. Otot bahu sendiri merupakan jenis otot besar. Baca juga: Melatih Secara Sempurna Otot Besar dan Otot Kecil. 

Otot bahu sendiri dibagi menjadi tiga bagian, yaitu otot bahu bagian depan (anterior delt), otot bahu bagian samping (middle delt) dan otot bahu bagian belakang (posterior delt). Banyak rekan-rekan yang bertanya bagaimana cara melatih otot bahu bagian belakang. 

Maka dari itu, di artikel ini, saya akan memberikan tutorial cara melatih otot bahu bagian belakang hanya dengan menggunakan sepasang dumbbell. Oke, pada artikel ini kita akan membahas cara latihan otot bahu bagian belakang dengan gerakan: Dumbbell shoulder press. 

Berikut adalah gerakan dumbbell shoulder press: 
Berikut tahapan pelaksanaan dumbbell sohulder press: 

- Duduk di sebuah kursi (bisa kursi bench atau kursi biasa untuk anda yang home gym)
- Kedua tangan memegang dumbbell 
- Angkat dumbbell sejjar bahu, dan posisi dumbbell setinggi telinga 
- Punggung anda harus tegak, dan postur tegak 
- Kedua kaki menyentuh lantai
- Angkat kedua dumbbell hingga posisi dumbbell diatas kepala 
- Posisi tangan dan siku anda lurus 
- Turunkan kembali dumbbell, dan ulangi gerakan yang sama
- Lakukan gerakan ini 10-15 repetisi, 3-4 set 

Dumbbell shoulder press ini adalah gerakan yang khusus untuk melatih otot bahu belakang. Ketika melakukan gerakan ini, hanya kedua tangan anda yang berperan untuk menaik-turunkan dumbbell. Jika badan anda ikut bergerak, maka hasil tidak akan maksimal. 

Gerakan ini merupakan gerakan compound (gabungan). Artinya ketika anda melakukan dumbbell sohulder press, bukan hanya otot bahu anda yang terbentuk, tapi juga membentuk otot punggung bagian atas. 

Untuk lebih jelasnya tentang bagaimana cara melakukan dumbbell shoulder press, anda bisa tonton video singkat dibawah ini:  

0 Response to "Latihan Otot Bahu Belakang: Dumbbell Shoulder Press"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel