-->

Otot-otot yang Dilatih Saat Chin Up

Otot-otot yang Dilatih Saat Chin Up - Salah satu olahraga bodyweight yang sangat populer adalah olahraga pull up. Salah satu variasi latihan pull adalah latihan chin up. Mengenai perbedaan pull up dan chin up, saya pernah membahasnya disini: Perbedaan Pull Up dan Chin Up. 

Chin up memiliki gerakan yang berlawanan dengan pull up. Kalau pada pull up posisi telapak tangan anda mengadap ke bar, maka pada chin up, posisi tangan adalah berlawanan dengan bar. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar berikut: 

Otot-otot yang Dilatih Saat Chin Up

Tapi gerakan chin up sebenarnya lebih ringan ketimbang anda melakukan pull up, sehingga bagi anda yang masih belum kuat / belum bisa melakukan gerakan pull up, anda bisa mencoba gerakan chin up terlebih dahulu. Kalau anda sudah kuat melakukan chin up, anda bisa mencoba tantangan yang lebih besar, yaitu pull up. 

Otot-otot yang Dilatih Saat Chin Up


Namun bukan berarti gerakan chin up tidak berbobot dibandingkan pull up. Chin up men-targetkan otot tertentu untuk dilatih. Ketika anda melakukan chin up, otot2 apa saja yang bekerja / dilatih? Berikut otot-otot yang dilatih saat chin up.

1. Bicep


Gerakan chin up sebenarnya adalah gerakan yang difokuskan untuk melatih otot bicep anda. Jadi, ketika anda melakukan chin up, otot utama yang bekerja adalah otot bicep. Dengan kata lain, ada banyak otot yang bekerja ketika chin up, tetapi otot yang terkena pengaruh paling besar saat chin up adalah otot bicep. Jadi, kalau anda ingin membentuk otot bicep, anda bisa mencoba melakukan latihan chin up.  

2. Punggung atas dan bahu


Dikarenakan gerakan chin up dilakukan dengan cara mengangkat / menarik tubuh anda, maka otot punggung atas (upper back) dan otot bahu anda otomatis akan ikut dilatih. Tetapi untuk otot bahu, pengaruhnya tidak seberapa besar, karena posisi tangan anda ketika melakukan chin up adalah berlawanan dengan bar, maka otot yang lebih terkena adalah otot bicep. 

3. Leher


Chin up juga melatih otot leher. Seperti yang saya katakan di poin ketiga, gerakan chin up adalah gerakan menarik tubuh anda, sehingga otot leher juga otomatis akan terbentuk. Chin up yang dilakukan secara rutin akan membantu untuk membentuk dan memperbesar otot lehert (trapezius muscle). 

4. Otot sayap 


Otot sayap atau latissimus dorsi akan ikut bekerja saat anda melakukan chin up. Namun, agar otot sayap anda dapat terbentuk dengan sempurna, gerakan chin up yang anda lakukan harus gerakan full. Artinya, pada saat anda menurunkan badan anda, anda harus menurunkan tubuh secara penuh, bukan setengah. 

0 Response to "Otot-otot yang Dilatih Saat Chin Up"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel